Gerakan Wakaf Mathaliul Falah International Pesantren Resmi Diluncurkan


Direktur PIM KH. Muhammad Abbad Nafi', Rektor IPMAFA KH. Abdul Ghoffar Rozin, Ketum KMF Marwan Ja'far, dan Dewan Pertimbangan Direktur resmi meluncurkan gerakan wakaf pendirian MIP, Selasa (16/7/2024). (dok. KMF). 


PATI, KMF.OR.ID - Keluarga Mathaliul Falah atau KMF meluncurkan gerakan wakaf untuk pendirian Mathali'ul Falah International Pesantren (MIP), Selasa 16 Juli 2024. 


Peluncuran dilakukan oleh Direktur Perguruan Islam Mathali'ul Falah KH. Muhammad Abbad Nafi', Rektor IPMAFA KH. Abdul Ghoffar Rozin, Ketua Umum PP KMF Marwan Ja'far,dan Dewan Pertimbangan Direktur PIM KH. Ahmad Muadz Thohir. 


Dalam peluncuran gerakan wakaf on the spot, terkumpul 2.180M2; serta dalam bentuk cash sebesar 153 juta. 


Mathali'ul Falah International Pesantren Junior & Senior High School ini rencananya akan dibangun di atas tanah seluas 3,5 hektar di daerah Ambarawa, Kabupaten Semarang. MIP didesain dengan konsep Utama Salih Akram Values of International Excellence (SAVIE). 


Acara yang bertajuk temu alumni akbar dan ijazah kubro ini digelar  di Mathali'ul Falah Banat Kajen, Pati. Bertepatan dengan momen Suronan Kajen yakni peringatan haul waliyullah KH. Ahmad Mutamakkin, sekitar 5 ribu anggota KMF hadir dalam acara tersebut. 


Momentum 112 tahun Mathali'ul Falah ini menjadi ajang silaturahim alumni semua angkatan, mulai tahun 1960-an hingga 2000-an.


Ketua Umum PP KMF, Marwan Ja'far menyampaikan  Mathali'ul Falah telah berkontribusi melahirkan para ulama dan pendakwah yang mendidik dan mendampingi masyarakat.   


"100 tahun ke depan Mathole'harus memperluas medan dakwah dan model pendidikannya, yaitu dengan membuat sekolah yang merespon perkembangan zaman, modern dan mengglobal," kata Marwan yang juga anggota DPR RI. 


Direktur Mathali'ul Falah, KH. Muhammad Abbad Nafi'meminta segenap anggota KMF untuk bersama mendukung dan membantu mewujudkan mimpi bersama ini menjadi kenyataan, menjadikan wacana sebagai aksi nyata. 


"Semoga Gusti Allah gampangke dalan proses terwujudnya MIP ini," harapnya.


Penamaan MIP ini merupakan anagram dari PIM atau Perguruan Islam Mathali'ul Falah. 


"Desain MIP akan tetap mempertahankan nilai tafaqquh fiddin dan meneguhi nilai insan solih akrom yang menjadi karakter Mathole'selama ini," tegasnya. 


Insan solih akrom merupakan karakter yang khas milik PIM dan selama ini berhasil menjadi semacam penanda bagi alumni dan muhibbin di manapun berada. 


Rektor IPMAFA, KH. Abdul Ghaffar Rozin menyatakan, di tengah situasi dunia Pendidikan yang penuh tantangan, perlu untuk tetap mempertahankan sel lama sebagai basis Utama. 


"Namun juga mesti mulai memperhatikan kebutuhan sel-sel baru sebagaibentuk ekspansi Pendidikan, dalam rangka menjaga eksistensi PIM agar semakin kuat. Dalam konteks ini MIP menjadi relevan," ujar Gus Rozin, sapaan akrabnya. 


MIP ini merupakan keniscayaan yang mesti diambil oleh lembaga tafaqquh fiddin yang sudah seabad mendidik bangsa ini.


"Sudah saatnya santri mengambil posisi dan peran penting dalam proses kebangsaan ini. Tidak hanya menjadi penonton yang aada di pinggir sejarah dan pendorong mobil mogok saja, melainkan mesti mampu masuk ke semua bidang dalam proses berbangsa," pungkas Gus Rozin. 


Adapun wakaf dapat disampaikan melalui rekening Bank Mandiri an. Wakaf Keluarga Mathali'ul Falah  10300-1912-0019, dalam bentuk dana pembangunan atau wakaf tanah per Rp500.000/M2. (*)